Sistem Pendidikan Indonesia Berbasis Pancasila
Sistem Pendidikan Indonesia Berbasis Pancasila

Sistem Pendidikan Indonesia Berbasis Pancasila

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ideologi berarti kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Dengan kata lain, ideologi dapat disebut sebagai konsep berpikir yang menjadi landasan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka, ideologi menjadi sangat penting untuk dipahami oleh setiap warga negara karena tanpa ideologi yang kuat, suatu negara seakan tidak memiliki kepribadian.

Ideologi harus diaplikasikan dalam setiap aktivitas yang berlangsung baik di pemerintahan maupun di masyarakat, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Sistem pendidikan Indonesia yang mengemban misi untuk mengolah generasi muda ini pun wajib mengamalkan ideologi negara ini, yaitu Pancasila.

Sistem pendidikan Indonesia yang telah terbuka akan globalisasi menuntut pemerintah turut menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda melalui pendidikan. Hal ini dikarenakan derasnya arus budaya yang masuk ke Indonesia dapat mengakibatkan pencampuran budaya yang terjadi di masyarakat sehingga dibutuhkan pedoman bagi para pemuda dalam menanggapi akulturasi. Dengan penanaman ideologi Pancasila, generasi muda akan lebih selektif dalam menerima kebudayaan asing. Dengan demikian, masyarakat pembelajar dapat membedakan antara budaya yang positif dan patut ditiru serta budaya negatif yang tidak patut ditiru.

Adapun langkah  penanaman ideologi Pancasila ini dapat dilakukan dengan mengintensifkan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Mata pelajaran ini layak dijadikan fokus pembelajaran serta dipraktikkan dalam setiap kegiatan baik di sekolah maupun di masyarakat.  Sarana lain yang juga penting dalam pembangunan fondasi ideologi untuk anak bangsa adalah guru. Tenaga pendidik yang disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa ini diharapkan tidak hanya mengajari dan mengajak, tetapi juga memberi teladan kepada siswa dengan mengamalkan butir-butir Pancasila. Semuanya dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan generasi muda dengan idealisme yang berasaskan Pancasila.

Dengan diterapkannya sistem pendidikan berbasis Pancasila, maka akan tumbuh generasi penerus yang menjalankan kehidupan di masyarakat dengan berpegang teguh pada Pancasila, dan membangun bangsa dengan berlandaskan Pancasila. Serta akan berkembang masyarakat yang mengenal, mencintai, dan menganut ideologi Pancasila demi terciptanya kemajuan bangsa yang berdasarkan ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial.