Mudahnya Mencari Ilmu di Internet
Mudahnya Mencari Ilmu di Internet

Mudahnya Mencari Ilmu di Internet


Digitalisasi yang telah merambah ke berbagai sisi kehidupan ini membuat komputer menjadi kebutuhan bagi masyarakat umum. Ditambah koneksi internet, Anda seakan mampu memasuki dunia lain yang menawarkan kemudahan dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi. Kemudahan tersebut juga didukung oleh kecepatan dan simplisitas yang membuat hidup menjadi lebih praktis. Hal itulah yang menyebabkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin digemari oleh masyarakat.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) erat hubungannya dengan internet. Internet yang merupakan kependekan dari interconnection-networking ini banyak difungsikan sebagai perpustakaan sekaligus media bermasyarakat. Internet sebagai media bermasyarakat berarti bahwa internet menyediakan ruang bagi para penggunanya untuk saling berinteraksi dengan orang lain. Kita dapat berniaga, berbagi file maupun cerita (curhat), bermain bersama dalam game online, dan sebagainya sehingga  internet seakan-akan adalah masyarakat.

Sedangkan internet sebagai perpustakaan berarti bahwa internet dapat menjadi sumber informasi yang kaya. Kalau dulu, orang ingin mencari informasi dan menambah wawasan harus datang ke perpustakaan, kemudian mencari di setiap rak yang tingginya bermeter-meter, kemudian membolak-balik setiap halaman sambil terkantuk-kantuk. Cara lain yaitu datang ke toko buku, mencari buku yang disukai sambil diam-diam merobek plastiknya supaya bisa diintip, dibaca-baca sambil berdiri, kemudian melihat label harga untuk dibandingkan dengan isi dompet, setelah itu mengantri di loket. Cara lain lagi yaitu dengan membeli koran, kemudian membaca sambil merentangkan tangan lebar-lebar sampai pegal, dan minum kopi supaya tidak ngantuk membaca tulisan hitam di kertas abu-abu. Susah kan?

Sekarang internet sudah mampu menyediakan segudang informasi yang jauh lebih mudah, cepat, gratis, dan menarik dengan berbagai warna, gambar, dan animasi. Jadi, nggak perlu lagi bolak-balik halaman sambil ngangguk-ngangguk karena ngantuk. Tinggal duduk, ketik, klik, beres deh! :)